Aktivitas Fisik dan Penurunan Berat Badan

Aktivitas Fisik dan Penurunan Berat Badan

 Anak-anak dan kebutuhan aktivitas harian

 Anak-anak masa sekarang banyak yang beresiko mengalami obesitas dan beberapa penyakit. Meskipun serangan jantung dan stroke jarang terjadi pada anak-anak, bukti menunjukkan bahwa proses yang mengarah pada kondisi tersebut dimulai pada masa kanak-kanak. Anak-anak menghabiskan rata-rata 17 jam seminggu menonton TV disamping waktu yang mereka habiskan untuk menonton video dan game computer.

Paktik-praktik kesehatan yang baik berikut ini harus dipromosikan kepada anak-anak, antara lain :

  1. Aktivitas fisik rutin

  2. Diet rendah lemak dan rendah kolesterol setelah usia dua tahun

  3. Pencegahan merokok

  4. Beret badan yang sesuai dengan tinggi badan

  5. Pemeriksaan medis rutin untuk anak-anak

Aktivitas fisik dan penurunan berat badan

 Aktivitas fisik mengurangi resiko penyakit jantung dengan meningkatkan peredaran darah diseluruh tubuh. Aktivitas fisik meningkatkan kadar kolesterol darah, mengelola tekanan darah tinggi, mencegah hilangnya kepadatan tulang, meningkatkan kadar energi, membantu mengelola stress, dan meningkatkan kemampuan untuk bisa tidur dengan cepat dan nyenyak.

Bagi orangtua, olahraga membantu menunda atau mencegah penyakit-penyakit kronis dan penyakit yang berhubungan dengan penuaan dan mempertahankan kualitas hidup dan kemandirian lebih lama.

Para ahli terkemuka kini merekomendasikan agar orang yang ingin menurunkan berat badan mulai meningkatkan aktivitas fisik mereka. Lebih aktif secara umum (seperti naik tangga, berjalan-jalan dan tidak melulu, duduk tegak dan tidak berbaring, serta menampakkan keceriaan dan antusiasme daripada kejenuhan), adalah hal-hal yang lebih efektif membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Semua orang tampaknya meremehkan pentingnya bergerak aktif. Coba perhatikan, olahraga aerobic setengah jam mengeluarkan energi yang jauh lebih sedikit daripada gerakan kita menit demi menit di kantor atau di rumah.

Berjalan

 Berjalan merupakan salah satu olahraga terbaik untuk tulang, mengontrol berat badan, melenturkan otot kaki, mempertahankan postur yang baik, dan meningkatkan konsep diri positif. Orang yang berdiet tanpa olahraga sering bertambah gemuk seiring berlalunya waktu. Meskipun berat badan anda awalnya turun saat diet, penurunan semacam itu sebagian besar terdiri atas air dan otot. Ketika berat kembali, air dan otot akan muncul lagi sebai lemak. Untuk menghindari bertambahnya lemak seiring bertambahnya waktu, tingkatkan metebolisme anda dengan olahraga setiap hari.

Untuk menurunkan berat badan, lebih penting berjan dengan target waktu daripada kecepatan. Berjalan dengan langkah sedang menghasilkan olahraga yang lebih lama dengan rasa sakit yang lebih sedikit, mengarah pada jarak yang lebih panjang dan kalori yang lebih banyak yang digunakan secara rutin.

Berjalan intensitas tinggi dengan hati berselang seling membantu mengondisikan system seseorang. Akan tetapi, dalam suatu program penurunan berat badan lebih baik aktif setiap hari. Ini tidak menuntut berjalan sejam setiap hari. Kuncinya ialah menjalani gaya hidup aktif setiap hari. Jika menyangkut kesehatan yang baik dan penurunan berat badan, olahraga dan diet saling berkaitan. Olahraga tanpa menjaga diet seimbang tidak lebih bermanfaat daripada diet sambil tetap tidak aktif.

Buah dan syurran merupakan makanan diet ideal karena karena beberapa alasan, yaitu : Buah dan sayuran relative rendah lemak dan kalorinnya, namun sering tinggi seratnya dan kaya vitamin dan mineral. Ingat!! Penurunan berat badan yang cepat sebagian besar terdiri atas air dan otot jenis penurunan berat badan yang salah. Untuk menghindari ini, tetapkan tujuan yang lebih masuk akal, misalnya ½ kg seminggu.

Karbohidrat adalah bahan bakar yang kandungan oktanya tinggi. Karbohidrat memberikan energy untuk gerak dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh bagian dalam, karbohidrat juga mengenyangkan. Kuncinya ialah tidak menambahkan makanan pada kandungan lemaknya tinggi pada karbohidrat anda.

Kebiasaan sehari-hari kitalah yang menentukan berat badan dan komposisi tubuh kita. Berjalan tiga menit setelah makan nilainya sama dengan penurunan lemak tubuh 2 kg setiap tahun. Dua kali naik tangga sehari membakar ¼ kg lemak tubuh dalam setahun. Sebaliknya, satu batang permen yang dimakan setiap hari akan menambah berat badan 10 kg setahun.

Lakukan jalan-jalan setiap hari bersama keluarga anda. Latihan gaya hidup sehat harus dimulai di masa kanak-kanak untuk meningkatkan kesehatan jantungdi masa dewasa. Anak-anak yang tidak aktif jika dibandingkan dengan anak-anak yang aktif, mempunyai berat badan yang lebih besar, tekanan darah lebih tinggi dan kadar lipoprotein densitas tinggi pelindung jantung yang lebih rendah.

 

DAFTAR PUSTAKA

Devi, Rarae. 2009. Panduan Praktis Hidup Sehat Masa Kini. Yogyakarta: Kirana Publisher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s