Hidup Sehat dan Keseimbangan Gizi

Hidup Sehat dan keseimbangan Gizi

 Mengapa Sebuah wortel begitu penting?

 Sebagian anak tidak mau makan sayuran dan banyak yang bahkan tidak mau menyentuh wortel, kecuali jika sayuran ini dijadikan pedang-pedangan untuk bermain. Kadang-kadang rasanya seperti tidak ada gunanya bersusah payah membujuk mereka untuk makan sayuran setiap kali waktu makan. Akan tetapi, menurut organisasi kesehatan dunia makan sayuran seperti wortel mencegah kebutaan yang disebabkan kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A sebagian atau seluruhnya membutakan hampir 350.000 anak dari lebih 75 negara setiap tahun. Kurang lebih 60% dari anak-anak ini nanti dalam beberapa bulan setelah mengalami kebutaan. Namun, kekurangan vitamin A dapat dicegah.

Satu biji wortel yang dimasak mengandung beta-karoten kurang lebih 150% dari jumlah harian yang direkomendasikan, yang diubah menjadi vitamin A. Vitamin A membantu kebutaan pada malam hari, kulit kering, pertumbuhan tulang yang buruk, enamel gigi yang lemah, diare, dan pertumbuhan lambat. Manfaat kesehatan berasal dari makan berbagai macam buah dan sayuran.

Lembaga Amerika untuk riset kanker American Institite for Cancer Reasearch (AICR)memperkirakan bahwa diet yang banyak mengandung beragam buah dan sayuran dapat mencegah 20-33 % kanker paru-paru. Karotenoid yang terdapat pada sayuran hijau, brokili, dan bayam dapat membantu melindungi dari kanker lain.

Memakan 6-8 porsi buah dan sayuran menyuplai berbagai macam bahan gizi, yang memberikan perlindungan yang semula hanya dikaitkan dengan beta-karoten saja.

Sayangnya, sebagian besar anak tidak tertarik pada sayuran sehingga kita sebagai orang tua harus memasukkan nutrisi pada makan yang disukai anak-anak. Selanjutnya akan dijabarkan beberapa manfaat buah dan sayuran dan cara-cara rahasia untuk menyembunyikan nutrisi diberbagai makanan favorit anak.

Segala hal tentang buah dan sayuran

  1. Buah bit terkenal karena kemampuannya membersihkan darah.

  2. Brokoli penuh vitamin C, kalsium, dan potassium.

  3. Wortel menyebabkan hati membersihkan empedu dan kolesterol yang berlebihan.

  4. Kembang kol adalah sumber potassium dan inderol-3 yang baik.

  5. Seledri kaya magnesium dan besi, dan merupakan salah satu sumber terkaya sodium organic alami.

  6. Selada romaine kaya klorofil

  7. Kentang merupakan sumber potasium, kalsium, dan besi yang sangat baik.

  8. Tomat masak kaya kandungan vitamin C-nya dan sumber yang baik untuk kalsium, potasium dan magnesium.

 Nutrisi pada sayuran mengurangi pada resiko kekurangan nutrisi. Tanpa vitamin dan mineral, kehidupan tidak akan bias bertahan. Menambahkan buah dan sayuran pada menu makanan kita dapat membantu mencegah terjadinya devisiensi, misalnya :

  1. Kekurangan vitamin C menyebabkan penyakit kudis, gangguan pencernaan, mudah memar, hidung berdarah, sering infeksi dan anemia.

  2. Kekurangan asam folat menyebabkan lekas marah, tubuh lemah, gangguan tidur dan diare.

  3. Kekurangan vitamin K dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara normal.

  4. Kekurangan potasium menyebabkan denyut jantung cepat atau tak teratur yang dapat mengarah pada serangan jantung dan kematian.

Setiap sayuran atau buah yang kita tambahkan pada menu makanan akan berpengaruh besar terhadap kesehatan seluruh keluarga.

 Tips rahasia untuk menyembunyikan nutrisi dalam makanan yang disukai anak

 Sekarang setelah kita mengetahui arti penting buah dan sayuran dalam menu makanan kita, maka selanjutnya kita perlu memahami bagaimana caranya agar anggota keluarga kita bersedia menyantapnya? Dengan sedikit trik, sayuran dapat menjadi suguhan jika menjadi bagian dari menu favorit. Contoh, pizza dengan lapisan sayuran diatasnya, hamburger dengan irisan tomat diselada, agar-agar dengan campuran wortel yang dihaluskan dan sari buah segar, dsb. Tentu kita perlu lebih banyak trik untuk memasukkan sayuran sehat yang tidak disukai anak-anak.

Jika anda mau meluangkan waktu untuk mempelajari makanan sehat apa saja yang disukai anak-anak anda, tugas anda akan menjadi lebih mudah. Cetaklah “Makanan sehat favirit dibagian jadwal dan template” yang ada pada artikel ini dan berikan kepada seluruh anggota keluarga. Tuliskan makanan sehat favorit mereka dilembar tersebut. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa mereka sangat menyukai cukup banyak makanan sehat. Begitu anda tau apa makanan favorit mereka, anda dapat menyajikan makanan ini secara terang-terangan. Langkah berikutnya ialah secara diam-diam menambahkan sayuran yang tidak disukai kedalam diet mereka. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengakali keluarga anda agar mau memakan makanan bergizi.

 Nutrisi yang disembunyikan :

  1. Sebagian besar anak mau makan sayuran jika sayuran dari sup buatan sendiri.

  2. Parutlah wortel dengan lembut dan tambahkan pada adonan telur dadar.

  3. Apabila anda menggunakan sup kalengan atau kemasan, tambahkan sayuran yang dimasak dan diiris halus

  4. Tambahkan jus wortel atau tomat pada jus buah favorit mereka

  5. Tambahkan parutan wortel pada campuran muffin

  6. Tambahkan parutan wortel pada olahan ayam

  7. Sembunyikan sayur-sayuran dalam casserole dan menu utama

  8. Sajikan sayuran mentah dengan keju pasta favorit

  9. Gunakan roti gandum untuk roti isi keju panggang-pemanggangan akan menyembunyikan warna roti tersebut

  10. Libatkan anak-anak dalam memasak atau membuat kue karena sebagian besar anak senang memakan makanan yang dibuat bersamanya

  11. Anda dapat menciptakan dengan memberi nama suatu suguhan baru yang sehat sebagai suguhan mama. Anda dapat mengatakan sesuatu seperti “Ini adalah kue lezat buatan mama yang sangat special”. Anda bahkan dapat meletakkan kue itu distoples cantik untuk menambah selera.

  12. Selipkan beberapa potong kue beras dalam sekantong kue favorit, dan akhirnya ganti kue yang tidak sehat dengan kue yang sehat

  13. Campurkan potongan-potongan kedelai basah dalam daging giling. Pelan-pelan tambahkan rasio kedelai atau daging giling dalam makanan utama dan mereka tidak akan memperhatikan bahwa mereka sedang memakan potongan kedelai sebagai daging giling.


    DAFTAR PUSTAKA

Devi, Rarae. 2009. Panduan Praktis Hidup Sehat Masa Kini. Yogyakarta: Kirana Publisher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s